Adegan-Adegan Sinetron yang Sebaiknya Juga Dilarang KPI

Sekarang kita sering lihat adegan-adegan di TV banyak yang di sensor. Bahkan beberapa film kartun diberhentikan tayangannya, dengan alasan si tokoh dalam kartun pakai baju yang terbuka. Sebenarnya itu bukan keinginan atau kebijakan dari pihak TV, tapi semua itu dilakukan karena teguran dari KPI (Komisi Penyiaran Indonesia). Nah, baru-baru ini ada lagi yang bikin penonton heboh, karena kebaya yang dipakai kontestan Puteri Indonesia 2016 semuanya di-blur

Jadi yang kelihatan cuma muka kontestan doang. Padahal masih banyak adegan di TV yang bisa di-blur selain kebaya Puteri Indonesia. Misalnya adegan-adegan di sinetron ini yang seharusnya dilarang KPI:

Adegan anak kecil pacaran

Hampir di semua sinetron tokoh utamanya anak remaja dan biasanya mereka pasti punya pacar. Ujung-ujungnya cerita di sinetron tersebut cuma membahas kisah percintaan dan menunjukan adegan-adegan pacaran. Nah, adegan yang kayak gitu yang seharusnya dilarang KPI. Nggak seharusnya sinetron ngajarin anak kecil buat pacaran. pegang-pegangan tangan, dan peluk-pelukan. Ini lah jadinya kalau anak kecil kebanyakan nonton sinetron. Mereka bisa mengikuti adegan-adegan di dalamnya, termasuk adegan pacaran kayak orang dewasa.

Adegan mem-bully

Cerita sinetron Indonesia nggak bisa lepas dari cerita anak sekolahan. Kalau ceritanya tentang anak sekolah, ujung-ujungnya pasti ada adegan bully. Di mana pemeran utama selalu yang di-bully sama karakter antagonis. Seharusnya adegan bully di sekolah nggak boleh ada di sinetron, karena kebanyakan penonton sinetron adalah anak-anak. Mereka gampang menyerap sesuatu yang mereka lihat dan dilakukan di kehidupan nyata.

Adegan anak sekolah pakai seragam tidak wajar

Kebanyakan penampilan pemain di sinetron beda banget dengan kehidupan nyata. Misalnya di sinetron ‘Ayah Mengapa Aku Berbeda’. Di sinetron ini anak sekolah pakai seragam yang mini, pakai kaos kaki warna-warni, sepatu berwarna, dan rambut di cat. Gara-gara gaya pakaian mereka kayak gitu, banyak anak-anak yang ngikutin. Terus hasilnya jadi seperti ini. :’(

Adegan perselingkuhan

Selain cerita tentang anak sekolah, sinetron Indonesia juga sering menceritakan tentang kehidupan suami-istri. Tapi masalahnya, sinetron nggak pernah menceritakan kehidupan rumah tangga yang harmonis. Sinetron selalu menceritanya kehidupan rumah tangga yang berantakan, perselingkuhan, suami yang punya istri 2. Kan kasihan calon istri yang nonton sinetron, mereka bisa batal nikah karena takut pernikahannya berantakan kayak di sinetron.

Menurut kamu adegan apa lagi yang sebaiknya dilarang oleh KPI?