Beberapa Alasan Kenapa Orang Masih Main Facebook

Pasti banyak yang ngerasa kalau Facebook udah basi banget. Saking basinya, gue yakin di sini ada yang nggak pernah ganti display picture bertahun-tahun. Ya, nggak cuma elo doang, gue pun begitu, karena ngerasa Facebook udah nggak ada daya tariknya lagi.

Semua fitur Facebook seolah terlupakan semenjak ada Twitter (sebagian anak muda mungkin udah pindah ke Ask.fm?). Ya, Twitter, media sosial yang fiturnya cuma update status maksimal 140 karakter doang itu. Nah, tapi kalau kalian lihat di sudut kehidupan lain (halah, apa ini sudut kehidupan), masih banyak lho yang mainan Facebook. Setelah dikepoin, ternyata ini alasannya:

Bisa Bikin Status Panjang

Curhat di Twitter perlu mikir. Perlu mikir gimana caranya ngeringkas semua kegelisahan menjadi jelas dan kurang dari 140 karakter. Tentu, bagi sebagian orang itu ribet, nah, beda dengan Facebook. Dengan fitur Facebook yang karakternya nggak terbatas, orang kalau mau ngeluarin unek-unek nggak usah pusing lagi buat mikirin gimana ngeringkasnya. Tinggal ketik, post.

Ada Grup Kampus

Di saat dunia anak muda apa-apa lapornya ke Path, ketahuilah, di dunia bapak-bapak dan ibu-ibu, Facebook itu Path-nya orang tua. Makanya, jangan heran kalau orangtua elo pas lagi bandara, buka pesbuk. Iya, dia checkin tempat. Kayak kita-kita. Nah, karena itu, di kampus pun kadang dosennya bikin grup kelas buat ngumumin sesuatu. Maklum, dosennya tua. Jadi kita mau gak mau tetep mainan Facebook deh buat tau update tentang perkuliahan.

Isinya Benar-Benar ‘Teman”

Sebenarnya orang banyak yang ninggalin Facebook bukan karena ada yang lebih baru (Twitter, Path, etc), tapi karena Facebook-nya banyak orang yang nggak dikenal. Tau sendiri kan budaya jaman dulu, semakin banyak teman Facebook, status sosialnya makin naik. Kalau jalan di gang-gang warga tuh bakalan dikalungin bunga. Makanya meski nggak kenal, ya main add aja.

Biar temennya banyak. Tapi apesnya, orang-orang nggak dikenal ini suka nyebar link yang aneh-aneh. Nggak jauh-jauh, biasanya link fitnah tentang pemerintahan. Kan malesin. Nah, orang-orang yang masih main Facebook ini rata-rata temen facebooknya beneran temen. Jadi enak maininnya, sama kayak Twitter.

Banyak Berita Menarik

Di Facebook itu, banyak bertebaran berita aneh yang nggak ditemuin di portal berita yang biasa kita kenal. Contohnya ini: Meski ada yang hoax, yaaaa ada beberapa juga kok yang beneran.  Dan nggak cuma berita aja, di Facebook juga kadang selalu adaaaa aja video lucu.

Suka Nge-share Berita

Bagi orang yang suka berbagi, di Facebook itu fitur share-nya enak. Seandainya nge-share sesuatu, pasti bentuknya bukan hanya link website, tapi ada thumbnailnya. Selain itu, berdiskusi pun jadi lebih enak karena bisa langsung comment di statusnya. Jadi masih ada yang suka mainan facebook? Kira-kira alasannya apa?