Kenapa Kita Perlu Mengerti Politik

Suasana politik dalam negeri yang kadang suka ‘kacau’ bikin anak muda jadi males ngertiin politik. Biasanya mereka males karena politik kita imagesnya udah nggak bagus. Apalagi kalo sudah dekat musim PILPRES atau PILKADA.

Fitnah di mana-mana. Kalau denger beritanya suka pusing dan mikir, ini sebenarnya yang baik yang manaaa? Alhasil karena terlalu banyak yang fake, anak muda jadi cuek, ngerasa bodo amat karena yang terpenting bukan ngertiin politik, tapi ngertiin pacarnya. Padahal, anak muda-anak muda ini yang nantinya menentukan nasib bangsa.

Sebenarnya, seburuk apapun kita harus ngerti lho dunia politik kita itu seperti apa, soalnya biar:

Biar Nggak Mudah Dibohongin

Kita (anak muda) penting ngerti politik karena Negara kita menganut sistem Demokrasi. Yang mana, kalau milih kepala daerah itu pake pemilu. Kitanya milih langsung. Bisa kebayang dong kalau kita nggak ngerti politik? Gampang banget dibohongin sama pejabat. Kalau kita ngerti politik kan kita jadi tau, mana aja wakil rakyat yang suka ‘gak bener’. Trus nggak kita pilih deh, kita pilih yang lebih baik. Dan efek lain dari ngerti politik itu kita jadi gak gampang dibohongin sama berita hoax. Tau sendiri kan, di media sosial penyebaran berita hoax udah marak sekali.

Biar Nggak Asal Kritik

Banyak anak muda yang tiap denger berita yang kedengarannya ‘merugikan rakyat’ langsung ikut-ikutan protes. Salah satu contohnya, BBM naik. Padahal BBM naik itu bukan karena pengin menyengsarakan rakyat, tapi karena BBM yang ‘murah’, yang ngerasain orang kaya. Bukan orang miskin. Itu kan menyalahi konsep.Dan sisi lainnya kalau kita ngerti politik, kita jadi bisa mengawal pemerintahan. Banyak di negeri ini orang baik dituduh kayak orang jahat. Kalau kita ngerti, pasti kita bisa belain.

Biar Bisa Memberi Masukkan

Dengan tahu permasalahan di dalam negeri, kita jadi bisa memberi masukkan ke pemerintahan. Di jaman sekarang ini, pemerintahan terbuka lho dalam menerima masukkan, terutama lewat media sosial. Nah, kalau kita ngerti politik, kita jadi tahu ‘bolongan’ mana yang harus ‘ditambal’.

Biar Kalau Ngobrol Sama Calon Mertua Nyambung

Khususnya buat cowok-cowok yang pengen ngambil hati calon mertua. Bapak-bapak itu, tertarik ngobrol sama kalian kalau topik yang diobrolin itu politik. Kalau kalian ngerti politik, tek-tokannya jadi enak. Pasti direstuin deh kalau ngobrolnya nyambung. So anak muda, jangan cuek sama politik. Seburuk apapun, kalian harus tau kondisi sebenarnya seperti apa.

Sudah sejauh mana kalian tahu tentang dunia politik?